Monday, May 12, 2008

Rafting di Sungai Elo Muntilan



Tidak banyak orang yang sudah mencoba olah raga satu ini. Dengan berbagai faktor kendala pada setiap masing-masing orang yang menyurutkan nyali mereka hanya untuk sekedar mencoba nikmatnya digoyang jeram sebuah sungai di atas perahu karet. Aktivitas yang tentunya akan lebih asyik dilakukan beramai-ramai.

Hari itu, Minggu, 11 Mei 2008, kami berangkat dari jogja sekitar pukul 09.00 WIB. Tak butuh banyak waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Mungkin hanya sekitar 40 menit saja, dan kita sudah bisa melihat tumpukan perahu karet serta peralatan dayung dan pengaman yang ditemani oleh teman-teman fasilitator. Tak jauh dari situ di bawahnya mengalir dengan riuhnya Sungai Elo, seolah membisikkan selamat datang kepada para penggemar "mandi basahan".

Setelah dibekali dengan sekelumit teori untuk menaklukkan derasnya air sungai, kamipun mulai menyusuri jeram demi jeram. Empat perahu yang kami tumpangi seolah ingin menunjukkan ketangguhan dan pengalaman mereka masing-masing, menari di atas sungai itu. Tak jarang terdengar jeritan tertahan saat jeram menghempaskan perahu dan semua yang di atasnya, disertai dengan perasaan yang susah diungkap dengan kata. "Sseerr....Sseeerr....", begitulah mungkin kalo bisa diwakili dengan kata :)

Tak kurang dari 2,5 jam kami arungi sungai sepanjang 16 km. 2,5 jam dari waktu hidup yang sangat berarti, dan tidak sia-sia rupiah yang menguap. Jika anda adalah pemula, dan ingin mencoba olah raga ini, saya tidak ragu untuk merekomendasikan sungai Elo di muntilan. Bahkan menurut pemandunya, sungai ini memang hanya untuk 'fun' saja. Cukup dengan 100rban saja, all in/orang, engga mahal kan?! Ok deh, selamat mencoba.

No comments: